Sunday, December 23, 2012

Tips Untuk menghindari Alergi Untuk Anak

Hati - hati dlam memperkenalkan makanan karena sistem kekebalan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan si kecil belum berkembang sempurna sehingga sensitif terhadap makanan tertentu.

Tunda pemberian makanan yang potensial menimbulkan alergi. Untuk 6 bulan pertama, hindari seafood, Ikan, Buah-buahan sitrus. Pemberian telur, susu sapi, sebaiknya di tunda sampai si kecil berusia 1 tahun ( Jika ada riwayat alergi ).

Memberikan asi secara ekslusif sampai sikecil berusia 4-6 bulan bisa membantu mencegah timbulnya alergi.

Mulailah memberi makanan yang kecil kemungkinannya menimbulkan alergi, seperti tepung beras, buah apel, wortel, daging ayam dan daging sapi.

Perkenalkan makan baru secara bertahap agar jika terjadi alergi, dapat segera di ketahui sumber dan penyebabnya.

berikan jenis makanan yang beragam karena alergi sering kali terjadi jika bahan makanan yang sama ibu berikan beberapa kali dalam sehari.

bila si kecil alergi terhadap suatu jenis makanan, maka hindari makanan tersebut selama 1 bulan dan perhatika reaksi yang terjadi. Jika alerginya membaik, maka makanan tersebut dapat ibu berikan kembali secara bertahap dan sedikit demi sedikit

Sediakan makanan yang kaya akan zat gizi anti - alergenik dan antioksidan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh ( misalnya vitamin C , beta karoten, flavonoid, seng, magnesium, kalsium ).

No comments:

Post a Comment