Saturday, December 22, 2012

Nutrisi Penting Untuk Kecerdasan Si Kecil

Selain bunda memberikan perhatian khusus untuk pendidikan sikecil, baik dirumah maupun disekolah, tentunya bunda perlu memberikan perhatian khusus terhadap peran penting asupan nutrisi untuk tumbuh kembang otak sikecil.

Perkembangan kemampuan otak untuk berpikir ( kognisi ) pada usia < 4 tahun adalah sebesar 50 % pada usia 4-8 Tahun perkembangan kognisi sikecil akan bertambah 30 % dan pada usia 9 - 17 tahun akan bertambah lagi 20 %.  Salah satu nutrisi penting yang di butuhkan untuk perkembangan otak sikecil adalah DHA-AA.

Apa itu DHA-AA ?

DHA { Docosahexaaenoic Acid } dan  AA { Arachidonic Acid } merupakan asam lemak tidak jenuh yang penting untuk struktur dan perkembangn otak sikecil, sehingga DHA-AA banyak ditemukan dalam sel saraf termasuk otak dan retina.

Banyak studi yang dilakukan untuk melihat pengaruh DHA-AA terhadap fungsi kecerdasan otak dan penglihatan. secara metabolisme tubuh dapat membuat DHA-AA dari asam Lemak precursor-nya, yaitu asam alfa linolenat ( AAl ) dan asam Linoleat ( AL ).

namun beberapa pakar melaporkan bahwa pada kondisi tertentu tetap perlu adanya asupan DHA-AA dari luar.  DHAbanyak terkandung pada ikan laut yang dalam, sperti salmon, sarden, dan tuna.

Selain Ikan, DHA juga terdapat pada telur dan daging, tapi jumlahnya lebih sedikit. Sedangkan AA banyak ditemukan pada susu, Daging, Minyak kedelai, dan telur.

Bunda juga bisa memilih produk susu juga yang mengandung DHA-AA untuk perkembangn otak si kecil.

No comments:

Post a Comment