Saturday, December 22, 2012

Metode edukasi ala montessori : Kids Tips

denag banyak pilihan pra sekolah tidak heran bunda bingung memilih mana yang tepat. mengapa tidak mencoba mencari sekolah yang menerpakan metode edukasi montessori, metode ini menekankan pada pentingnya dan hubungan semua hal pada kehidupan dan kebutuhan setiap orang untuk menemukan pekerjaan yang berarti dan tempatnya sendiri di dalam dunia. selain belajar membaca, bahasa, dan matematika, sikecil juga belajar tentang budaya lain, hewan-hewan, dan tanaman. Program ini sendirio ditemukan oleh seorang ahli psikolog anak, maria montessori pada tahun 1907.

Focus Curiculum


  • Praktek kehidupan sikecil diajarkan berbagai kehidupan yang melibatkan ketrampilan dan kemandirian, seperti mengikat tali sepatu, menyiapkan bekal makan mereka, pergi ke toilet tanpa bantuan dan membersihkan diri sendiri ketika mereka menumpahkan sesuatu.



  • Pendidikan kesadaran sensori disini sikecil dilatih peka menggunakan 5 indra yang mereka miliki.



  • Seni berbahasa  si kecil di dorong mengekpresikan diri secara verbal. Si kecil juga diajar membaca, mengeja, tata bahasa dan kemampuan menulis.



  • Matematika dan Geometri. Si kecil diajarkan tentang angka, baik itu dengan menggunakan tangan maupun dengan alat.



  • Budaya. pendidikan Budaya disini mencakup geografi, Hewan, Waktu, Sejarah, Musik, gerak, Sains dan seni.



Metode ini mengajarkan sikecil untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan minatnya. Pilahan pekerjaan yang bisa mereka pilih termasuk didalamnya seperti buku, puzzle kegiatan seni, mainan yang menguji hubungan spacial, dan masih banyak lagi. mereka di berikan kebebasan untuk melakukannya bersama-sama dalam kelompok atau bekerja secara individu.

Interaksi yang terjadi lebih banyak adalah interaksi diantara sikecil itu sendiri. bahkan tidak tertuyup kemungkinan para pengajar di program sekolah montessori adalah murid yang lebih tua usianya, yang membantu murid yang lebih muda untuk mempelajari kemampuan barunya.

Itulah sebabnya di setiap kelas rentang usia murid biasnya 2 - 3 tahun. Di sekolah montessori, sikecil akan selalu di tanya jika mereka ingin melakukan seusuatu , jika mereka membutuhkan bantuan, atau sikecil tidak siap melakukannya.

 Program montessori cocok untuk sikecil yang ingin secara langsung mempelajari lingkungan yang cocok dengan kebutuhan mereka. program sekolah Motessori mendorong anak untuk lebih mandiri. Sikecil dengan kebutuhan khusus juga cocok dengan program sekolah ini, khususnya yang memiliki usaha dengan Attention deficit Disorder ( ADD ) atau masalah psikologis atau pembelajaran lainnya. Hal ini disebabkan karena tiap guru memegang setiap murid secara individual.

No comments:

Post a Comment