Saturday, December 22, 2012

Ketika Sikecil Menghadapi Stress

Tugas sekolah yang setumpuk, dijahili teman sekelas, tidak diundang ulang tahun teman atau permintaan yang belum dikabulkan bunda, bisa membuat sikecil menjadi stress. menyikapinya tidak sama seperti yang biasa bunda lakukan, lalu apa yang bisa bunda perbuat jika seikecil tampak lebih pendiam dari biasanya, bahkan menangis  karena sedang menhadapi sebuah masalah.

Cobalah mengikuti Mood Mereka

Ikuti terus bagaimana mood mereka dengan membiasakan mereka bercerita. Tanyakan, " Bagaimana sekolahmu hari ini ?" atau " Bagaimana Perasaanmu ? Apakah Temanmu Masih trus Mengganggu ?" dan lain sebagainya. Jika bunda membiasakan mereka menceritakan kesehariannya, bunda akan mudah menemukan bagaimana mood buah hati. Jangan anggap remeh apapun yang sikecil ceritakan, misalnya menangis selama dua jam karena malu telah terpeleset kulit pisang di depan teman-temannya. hibur sikecil dengan menceritakan hal yang sama, mungkin dulu bunda pernah mengalaminya saat seusia sikecil.

Jaga Perbuatan Dan Ucapan Bunda

Semua yang tampak baik kadang tidak seperti itu keadaannya. Bisa jadi bunda sedang bertengkar dengan si ayah, dan sikecil tau perkataan sinis pada ayah atau curhat bunda kepada saudar via telepon bisa di tangkap sebagai sesuatu yang tidak beres bagi sekecil.

Jangan memarahi apalagi menghukum bila sikecil terlanjur tau permasalahan dalam keluarga. Tanyakan dari mana sikecil tau, dan jelaskan bahwa semua baik-baik saja. Alangkah bijak jika bunda berhati-hati dalam perkataan, tingkah laku, atau bercerita kepada sahabat. Percayalah, saat sikecil tau bahwa orang tua mereka dalam masalah, mereka akan memikirkan hal tersebut dan menyimpannya seorang diri.

Fokus Pada Hal Yang Positif

Nilai raport sikecil turun ? jangan langsung memberikan cap sebagai suatu kebodohan atau menghukum mdengan ancaman. Masalah nilai paling sering di takutkan sikecil, mereka takut bila bunda kecewa. Tanyakan dengan nada halus, mengapa nilai sampai turun. Bisa jadi sikecil memang tidak mengerti topik pelajaran, Bisa jadi sakit perut saat ulangan, terimalah alasan mereka dan jadikan sebagai motivasi. Buat semangat sikecil mengacu pada hal positif, banggalah karena telah mengerjakan ulangan tanpa berbuat curang dan pasti bisa mengerjakan ulangan lebih baik lagi.

Temani Saat Menonton

menonton apasaja, mulai dari televisi, menonton pawai, atau menyaksikan sirkus. pada saat seperti itu, sikecil perlu mendapat bimbingan mengenai apa yang mereka tonton, mengapa hal itu bisa terjadi dan lain sebagainya. Seringkali sikecil bertanya dan bunda adalah orang terbaik untuk menjawab pertanyaannya, seringkali berita mengenai bencana, kekerasan pada anak, dan lain sebagainya membuat mereka trauma, sekalipun tidak mengalaminya langsung. Tunjukan pada mereka bahwa bunda dan ayah akan melindungi mereka sebaik yang bunda bisa, sehingga mereka tidak perlu mencemaskan hal tersebut.

Buat Percaya Diri

Ini sama dengan cara melepaskan stress yang dihadapi orang dewasa, bunda harus menanamkan rasa  percaya diri pada sikecil. banyak hal yang bisa membuat rasa percaya diri mereka luntur, misalnya di tertawakan teman saat tampil di depan kelas, atau dalam hal apapun. Bila di biarkan terus- menerus, rasa malu dan tidak percaya diri ini akan di bawa hingga dewasa yang akhirnya melahirkan sikap pesimis. karena itu, bunda merupakan penyemangat terbaik bagi mereka. Buatlah agar sikecil percaya diri. Selalu dekap mereka dan ucapkan kalimat motivasi.

No comments:

Post a Comment